Pada saat mengendarai mobil, kebersihan kaca pada mobil sangat penting untuk selalu dijaga. Disamping untuk kenyamanan di saat perjalanan, juga penting untuk faktor keselamatan.

Mengapa begitu pentingnya menjaga kaca mobil tetap bersih? berikut ulasannya.

Kaca mobil yang jarang dibersihkan, akan banyak debu dan kotoran yang menempel. Apabila dibiarkan begitu saja, maka debu tersebut akan menumpuk dan mengeras, sehingga sulit dihilangkan dan meninggalkan bekas.

Jangan heran jika kaca mobil yang kotor, juga bisa menyebabkan Wiper pada mobil tidak bisa berfungsi. Wiper sendiri punya manfaat membersihkan air hujan di kaca mobil bagian depan, apabila ini tidak bisa berfungsi dengan baik, maka perjalananpun dapat terganggu.

Kondisi kaca mobil yang kotor juga berpengaruh pada perjalanan di malam hari. Apabila ada cahaya lampu yang datang dari depan atau arah berlawanan mobil, maka cahaya itu akan kelihatan berkilau, sehingga menyilaukan pandangan pengemudi untuk melihat ke depan, apabila hal ini terus dipaksa untuk melihat, maka membuat mata menjadi sakit dan hilang kendali.

Lalu, bagaimana supaya kaca mobil tetap bersih?

Rawatlah kaca mobil secara teratur. Apabila saat musin hujan, Anda harus rajin mencuci mobil, paling tidak setelah melakukan perjalanan jauh dengan kondisi hujan. Karena bekas air hujan terkadang meninggalkan bekas.
Namun, jika kaca mobil sudah kelihatan kusam bahkan sudah membuat pandangan tidak enak, segeralah bawa mobil Anda ke salon mobil, untuk mendapatkan penangan khusus.

Sebelum mencuci permukaan kaca mobil, pastikan mobil sudah berada di tempat yang teduh, jauh dari sinar matahari. Karena mencuci kendaraan di bawah sinar matahari menyebabkan air atau cairan dapat membekas pada kaca maupun body mobil.

Mulailah membersihkan pada bagian permukaan kaca yang sudah terkena debu atau kotoran, tujuannya supaya kotoran tersebut tidak tersebar kemana - mana.

Mikrober dan Spon dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran yang ada di permukaan kaca. Apabila menggunakan kain, sebaiknya jangan gunakan kain yang kasar atau tidak dapat menyerap air. Sacara perlahan - lahan, siram permukaan kaca dengan air bersih yang telah dicampur cairan khusus pembersih kaca.

Kemudian usap hingga kotoran itu hilang. Selanjutnya, bilas bagian yang telah dibersihkan tadi dengan air bersih sampai tidak ada sisa - sisa sabun atau shampo.

Untuk mengeringkannya, usap lah dengan kain kering yang halus dan mudah menyerap air.

Sekarang Anda dapat nyaman mengendarai mobil Anda, perlu diperhatikan sebaiknya mobil di parkirkan yang teduh atau tidak langsung terkena matahari. Karena sinar matahari yang terlalu terang, bisa menimbulkan jamur pada kaca mobil Anda.